GURU CERAI - Tabloid INFOKU 47



27 PNS Blora Ajukan Cerai - 40 % Guru
INFOKU BLORA- Ternyata  sebanyak 27 PNS dilingkungan Pemkab Blora mengajukan Cerai. Dari Jumlah itu tak kurang 11 guru dipastikan akan melakukan perceraian.
Data yang diperoleh Infoku dari BKD tersebut adalah jumlah yang dapat dikatakan mutlak bercerai, karena mereka telah melalui beberapa tahapan yang sudah secara maksimal untuk menyadarkan mereka.
Terpisah Kabid PTK Dindikpora,  Sugiyanto yang menangani 11 orang guru atau 40 Persen lebih dari jumlah PNS yang mengajukan cerai, kepada infoku mengatakan mereka sudah dibina secara kedinasan.
“Berbagai upaya kami tempuh baik melalui kedinasan maupun kekeluargaan untuk merukunkan mereka,” katanya.
Menurut Sugiyanto ada sekitar 14 orang guru yang sebelumnya mengajukan cerai, tapi setelah dilakukan pembinaan akhirnya hanya 11 guru yang sudah bulat untuk bercerai.
“Ke 14 Orang guru tersebut sudah dibina oleh Kepala sekolah, Kepala UPTD cabang Dinas dan terakhir di kami, hanya 3 orang guru saja yang tidak jadi Cerai,” tandas Sugiyanto Selasa (22/1).
Sementara data secara lengkap diwilayah kabupaten Blora, sedikitnya terdapat1.616 pasangan.
Dari jumlah itu 611 perkara perceraian yang berlatar belakang kondisi ekonomi rumah tangga
Faktor  perilaku tak bertanggung jawab dari kaum pria menempati urutan ketiga faktor yang menyebabkan perceraian.
Panitera Pengadilan Agama Kelas 1B Blora, Tontowi, mengatakan, sangat beda tipis antara faktor ekonomi dan tidak bertanggung jawab dalam perkara perceraian yang terjadi di Blora. Ada 238 alasan tidak bertanggung jawab yang menyebabkan perceraian.
"Hampir tak ada bedanya sebetulnya faktor ekonomi dan tidak bertanggung jawab. Dalam faktor tidak bertanggung jawab, ada contoh kasus perceraian yang gara-gara si suami tak pernah menafkahi istrinya padahal si suami bekerja," kata Tontowi.
Secara keseluruhan, dalam satu tahun di 2012 lalu terdapat 1.837 gugatan perceraian yang didaftarkan di pengadilan agama Blora.
Dari sejumlah gugatan itu yang telah diputus cerai mencapai 1.616 pasangan. Sisanya masih dalam proses.(Agung)
Foto Sugiyanto
 Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru