Tabloid INFOKU 48 - Politik & Hukum



Anggota Panwascam Tunjungan Diduga Anggota PAN
INFOKU, TUNJUNGAN-Independensi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tunjungan tercederai.
Akhir Januari lalu (31/1) anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Tunjungan Umbaran Wibowo membeberkan secara blak-blakan hasil temuannya tentang dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Sriyono, Panwascam Tunjungan.
Bowo-demikian akrab disapa menyatakan Sriyono secara terang-terangan membagikan kalender Partai Amanat Nasional (PAN) dengan gambar foto capres 2014 Hatta Rajasa.
Mrnuruynys kepada warga Sriyono melakukan ajakan supaya nantinya memilih Capres dari PAN tersebut saat Pilpres.
“Yang benar-benar mencolok anggota Panwascam atas nama Sriyono membujuk dan membagi-bagikan kalender untuk memilih Hatta Rajasa. Bilangnya begini, suk dipilih iki ya, nek pas pilihan,” kata Bowo menirukan ucapan Sriyono saat mebagikan kalender kepada warga.
Terpisah Sriyono mengelak ika dirinya membagi-bagikan kalender tersebut. Ia mengaku bahwa yang membagi-bagikan adalah temannya.
”Yang membagikan teman saya. Itu terjadi enam bulan lalu. Dan perlu dicatat bahwa saya bukan anggota PAN,” kilah Sriyono.
Da mengaku pernah diajak temannya membagi-bagikan kalender. Pembagian itu dilakukan saat ada kunjungan salah seorang menteri yang dia sendiri tidak mengingatnya.
 “Saya menolak ajakan teman saya. Itu pas kunjungan menteri siapa gitu,” elaknya bernada seperti lupa.
Kendati begitu Bowo meyakini bahwa dirinya memiliki bukti-bukti otentik atas keterlibatan Sriyono dalam pembagian kalender PAN tersebut.
Dia juga memiliki rekaman wawancara dari salah satu warga yang menjadi saksi atas keterlibatan Sriyono membagikan kalender.
“Kita akan laporkan temuan ini kepada Dewan Kehormatan Pemilu di Jakarta. Kita yakin bahwa berdasar bukti-bukti yang ada menyatakan bahwa kinerja Panwaslu Kabupaten Blora patut dipertanyakan idnependensinya,” ungkapnya.
Secara terpisah Ketua Panwaslu Kabupaten Blora Wahono meminta supaya masalah tersebut tidak dibesar-besarkan.
Dia meyakini bahwa saat Sriyono mengikuti proses ujian tes, tertulis hingga dilantik sebagai Panwascam Tunjungan bukan menjadi angota maupun partisan salah satu parpol peserta pemilu.
”Saya yakin anggota Panwascam Tunjungan Sriyono bukan partisan parpol seperti yang ditudingkan PPK Tunjungan,” jawab Wahono.(Endah/YD).
BARANG BUKTI: Salah seorang warga desa di wilayah Kecamatan Tunjungan menunjukkan kalender tahun 2012 yang dibagikan anggota Panwascam Sriyono di rumahnya, Kamis (31/1)
 Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru