INFO Blora - tabloid INFOKU 74



BLH Blora Sisir DAS Bengawan Solo
INFOKU, CEPU- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Blora, akan menyisir Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo yang melintas wilayahnya mulai dari Kecamatan Cepu - Kedungtuban hingga Kradenan untuk melakukan pendataan aktivitas penambangan pasir illegal yang dilakukan masyarkat sekitar lokasi sungai.
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Blora, Adi Purwanto, mengatakan, penyisiran dan pendataan itu akan melibatkan dinas terkait.
"Kita ingin tahu lebih dekat saja dengan menyusuri sepanjang sungai," katanya.
Menurut Adi yang juga manta Kepala Dindikpora ini, penyusuran itu sangat penting untuk memetakan kondisi lokasi yang ada diseputaran sungai. "Paling tidak untuk melihat aktivitas penambangan pasir baik yang tradional maupun yang menggunakan mesin penyedot sangat banyak," Jelasnya.
Dia mengatakan, bukan hanya aktivitas penambangan pasir yang akan dilakukan pemantauan. "Kita juga mau melihat sebanyak apa limbah atau sampah dari masyarakat yang dibuang dan masuk di Sungai itu," tandas Adi.
Adi menerangkan, dari hasil pemetaan ini akan diketahui kandungan potensi serta dampak kerusakan lingkungan yang ada di sekitar sungai.
"Saat ini ada sekitar 80 persen sampah rumah tangga mencemari lingkungan termasuk yang ada di sungai," terangnya.
Beberapa instansi terkait yang dilibatkan diantaranya, Satpol PP, Dinas Energi dan Sumber daya Mineral serta lembaga yang bergerak dalam pelestarian lingkungan. Adapun lokasi yang disisir itu mulai dari tepi Bengawan Solo di sisi timur Kecamatan Kradenan hingga Kecamatan Cepu. 
"Hasilnya akan dijadikan langkah untuk melakuan pelestarian lingkungan yang tepat sehingga DAS Bengawan solo tetap terjaga dan tidak menimbulkan kerusakan yang cukup parah," tambah Adi. (Lukman/AL)
Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru