ROHIL Bakar Tongkang tabloid INFOKU



Menko Kesra dan Wisatawan dari 9 Negara Upacara Bakar Tongkang
INFOKU, ROHIL- Bakar Tongkang merupakan tradisi tahunan yang digelar masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) setiap tahunnya.
Untuk tahun ini, Bakar Tongkang akan digelar Sabtu lalu dan dihadiri langsung Menteri Koordinasi dan Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono. Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun juga rencananya akan hadir dalam Bakar Tongkang tersebut.
Menko Kesra Agung Lakson langsung menhadiri Bakar Tongkang itu. Dan Setidaknya, lebih kurang 40 ribu orang yang terdiri dari masyarakat tempatan, luar kabupaten dan provinsi tetangga akan hadir dalam acara nasional tersebut.

Tidak hanya itu, Bakar Tongkang tahun ini juga akan dihadiri wisatawan dari 9 negara.
Menko Kesra juga akan meninjau beberapa lokasi kebanggaan Kabupaten Rohil. Diantaranya seperti Jembatan Padamaran I dan Padamaran II.
Upacara Bakar Tongkang merupakan upacara tradisional masyarakat cina di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir.
Upacara ini disebut Go Ge Cap Lak, namun lebih dikenal dengan sebutan Upacara Bakar Tongkang.
Even ini merupakan upacara pemujaan terhadap Dewa Kie Ong Ya dan Tai Sun Ong Ya yang dianggap berjasa menjaga keselamatn rombongan orang-orang cina yang menemukan Bagansiapiapi.
Menurut cerita rakyat setempat, rombongan perantau Cina yang berlayar mencari daerah baru dengan beberapa perahu, akhirnya menemukan Bagansiapiapi. Ditempat ini mereka bersepakat untuk bermukim. 
Sebagai tanda terimakasih kepada Dewa Kie Ong Ya dan Tai Sun Ong Ya, masyarakat Cina di Bagansiapiapi membakar replika kapal setiap tahunnya. Inilah yang kemudian dikenal dengan Upacara Bakar Tongkang.(Moris)


Lihat ukuran Besar.... 
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru