Disbun ROHIL - tabloid INFOKU 82



Disbun Rokan Hilir Data Penerima Bantuan Bibit Sawit
INFOKU, BAGANSIAPI-APi, ROHIL - Dinas Perkebunan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, melakukan pendataan dalam penerimaan bantuan bibit kelapa sawit bagi petani di daerah itu.
Pendataan itu, menurut Kadisbun Rokan Hilir (Rohil), Syahril, yakni terhadap warga penerima, jumlah penerima dan areal serta lokasi. "Pendataan masih dilakukan bagi penerima yang layak untuk mendapatkan bantuan bibit tersebut," katanya, Jumat (1/8).
Menurutnya, khusus untuk bantuan bibit sawit, dengan sasaran mayoritasnya di Kecamatan Bagan Sinembah. Ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa kondisi lahan yang ada di kecamatan tersebut cocok dengan pengembangan kelapa sawit.

Ia menjelaskan, program hibah bantuan bibit tersebut, tidak hanya untuk jenis sawit saja tapi juga tanaman kakao dan karet yang akan dibagikan bagi warga di kecamatan yang cocok untuk dengan pengembangan.
Sementara, lanjut dia, kondisi yang cocok untuk pengembangan kakao dan karet diarahkan pada Kecamatan Bangko Pusako, Sinaboi, dan Pujud.
Bantuan tersebut, disesuaikan dengan permohonan serta pendataan yang dilakukan dari Disbun. Untuk bibit tanaman sawit mencapai sekitar 6.000 pohon, dengan usia rata-rata satu tahun, sementara untuk kakao sekitar 3.000 pohon dan karet sekitar 3.500 pohon.
Adapun untuk penerima bantuan, terang dia, tetap berdasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan.
Apa saja kriteria dimaksud, menurut Syahril cukup banyak sehingga tidak bisa diterangkan lebih jelas namun salah satu kriterianya adalah merupakan petani sawit secara mandiri dan dikategorikan sebagai warga dengan ekonomi menengah bawah. (Moris)


Lihat ukuran Besar....
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru