Wisata Edukasi - tabloid INFOKU 83



WISATA EDUKASI DAN PAKET WISATA AKAN GENCAR DISOSIALISASIKAN
INFOKU, BLORA- Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora, Sugiyanto, di Blora, Kamis (14/8) berencana membuat  program wisata edukasi dan paket wisata lainnya.
Program itu bertujuan mengenalkan potensi seni budaya dan wisata lokal Blora kepada para peserta didik pada masing-masing sekolah serta publik.
Wisata edukasi atau wisata pendidikan, kata dia, dimaksudkan memberikan pendidikan kepada anak-anak di luar kegiatan sekolah. Tujuannya mengenalkan berbagai potensi wisata lokal yang selama ini belum di ketahui oleh anak-anak.
“Minimal sebelum anak-anak atau pelajar berwisata ke luar Blora, mereka sudah mengenal terlebih dulu tempat-tempat wisata yang ada di daerahnya,” kata dia.
Yang lebih perlu ditekankan, menurut dia, dalam kegiatan wisata edukasi tersebut anak dan pelajar bisa menyampaikan apresiasi melalui bercerita atau karya tulis berdasarkan nara sumber dan literatur yang ada.
“Bisa dilaksanakan seminggu sekali, sambil jalan-jalan atau bersepeda dengan pengawasan guru atau mengundang petugas dari Bidang Pariwisata,” katanya. 
Selain program wisata edukasi, pejabat yang dilantik oleh Bupati pada Jumat minggu lalu (8 Agustus) untuk mengisi kekosongan jabatan Kabid Pariwisata DPPKKI Blora itu menjelaskan potensi wisata Blora, tidak cukup dipresentasikan melalui acara seminar atau sarasehan saja, melainkan harus disosialisasikan dan di gali bersinergi dengan pihak dan lembaga terkait.
“Kami akan merencanakan program paket wisata tahunan Kabupaten Blora dan kami segera sosialisasikan melalui website atau jejaring sosial. Di situ orang akan lebih cepat mengakses semua kegiatan yang bakal disajikan terkait paket-paket wisata Blora. Kemudian, juga akan mengoptimalkan kerja sama dengan biro wisata yang ada di Blora,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama Kepala DPPKKI Blora, H. Slamet Pamudji, mendukung program tersebut, sebab selama ini, warga masyarakat hanya tau tempat-tempat wisata yang ada di Blora sebatas pada lokasi wisata yang sudah lama di kenal saja, seperti Goa Terawang, Loko Tour atau Waduk Tempuran. Menurutnya, masih bisa di gali paket wisata lain yang bisa menarik perhatian publik. 
“Misalnya, paket wisata Kampung Samin, Goa Kidang atau paket wisata kuliner sate yang dilakukan dengan cara bakar sendiri, ini akan lebih menarik,” kata Kepala DPPKKI Blora.  [Endah/Tg].

Lihat Model Tabloid....
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru