Guru MOgok tabloid INFOKU 86



Aksi Guru SMAN 1 Tayu Mogok Ngajar
INFOKU, PATI – Setelah beberapa waktu lalu puluhan siswa kelas XII SMAN 1 Tayu menggelar aksi demo menolak penarikan biaya les, pihak sekolah telah menuruti keinginan siswa. Ternyata permasalahannya tak lantas selesai.
Setelah tak ada biaya les, sejumlah guru di sekolah itu kini mogok untuk mengajar les siswanya.
Berdasarkan informasi yang diperoleh Koran Muria, sejak dua pekan terakhir aktivitas les diliburkan. Sejumlah guru disebut-sebut enggan memberikan tambahan jam pelajaran, karena tak mendapatkan honor les, akibat digratiskannya kegiatan tersebut.
Enda, salah satu siswi kelas XII SMAN 1 Tayu mengatakan, berhentinya aktivitas les terjadi setelah ada pertemuan antara wali murid dengan pihak sekolah. Dalam pertemuan itu, disepakati biaya les dihapuskan atau gratis. Namun sayangnya, sejak saat itu justru kegiatan les justru diliburkan.
”Saat kami menggelar aksi jemur diri, kami minta agar biaya les tidak membebani orang tua kami. Tapi setelah wali murid dipanggil, justru gantian guru tidak mengajar les. Mungkin, para guru juga ingin menggelar aksi mogok ngajar les,” katanya, Kamis (25/9).
Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 1 Tayu Wiyarso menyebut, belum adanya kegiatan les karena sebagian guru masih mengikuti pelatihan di Semarang. Menurut dia, diliburkannya kegiatan les itu, untuk menghindari rasa iri antarsiswa, karena ada kelas yang mengikuti les, sementara kelas lain tidak, karena gurunya tengah mengikuti pelatihan.
Ia membantah, terjadi aksi mogok oleh para guru, akibat digratiskannya biaya les untuk siswa kelas XII. Menurut dia, dari 16 guru yang mengampu les, enam di antaranya sedang mengikuti pelatihan. 
”Hingga saat ini, les yang diperuntukkan kelas XII di sekolah kami memang masih diliburkan sementara. Karena beberpaa guru sedang di Semarang. Pelatihannya baru berakhir Sabtu (27/9 hari ini). Kami pastikan setelah pelatihan selesai, les kembali aktif,” terangnya. (Imam/SF)

Lihat Model Tabloid....
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru