DPRD Blora - tabloid INFOKU 94



Kusnanto “Jangan terlalu berharap eksporasi Migas”
INFOKU, BLORA – Wakil Ketua DPRD Blora Kusnanto meminta warga tidak terlalu berharap kesejahteraan wilayahnya dari minyak.
Sebab, sejauh ini hasil eksplorasi minyak belum benar-benar dirasakan warga Blora. Dia menduga, ada ”yang bermain” dalam perizinan tentang eksplorasi minyak.
”Kita sering bicara blak Blok Cepu, sekarang berapa DBH (dana bagi hasil) migas yang diterima pemkab Blora? Kita sering dengar adanya investor yang datang akan mengelola sumur minyak tua, mana buktinya ? Maka, jangan terlalu berharap dari eksplorasi minyak,” kata Kusnanto.
Kusnanto menambahkan, jika nantinya eksplorasi sumur minyak nantinya berhasil produksi, maka persentasenya masih sangat kecil.
Apalagi, jika dibandingkan dengan pendapatan warga dari sektor pertanian dan kehutanan.
”Ibarat makan nasi beras, minyak itu hanya sebagai lauknya saja. Menurut saya, sektor yang perlu digenjot dan dipacu pengelolannya yakni sektor pertanian dan kehutanan,” jelasnya.
Kusnanto prihatin dengan kegagalan ekplorasi PHE Randugunting hingga tiga kali. Selain itu, juga menyangkut kondisi yang terjadi di Desa Nglobo oleh PEPC ADK (Pertamina Eksplorasi Produksi Cepu Alas Dara Kemuning), beberapa waktu lalu. Di Nglobo, sumur minyak yang dikelola
”Saya harap, masyarakat juga tidak mengharap banyak dari sektor perminyakan. Sebab, jika terlalu berharap, nanti yang didapat justru kekecewaan. Meski demikian, kami menaruh apresiasi positif. Tapi kenyataan yang terjadi memang seperti itu, gagal maning, gagal maning,” ucap dia. (Endah/PRY)


Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik k
anan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru