INFO BLORA



Program City Gas Dapat Segera dinikmati Masyarakat
 Penggalian jaringan Pipa Gas ke rumah  warga di Kradenan
INFOKU, KRADENAN- Kabupaten Blora menjadi salah satu lokasi pelaksanaan proyek pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga oleh Kementrian ESDM RI. Bersamaan dengan Kabupaten Sorong, Subang, dan Ogan Ilir juga mendapatkan kesempatan yang sama pada tahun 2013.
Pelaksanaan Front End Enginering Design telah dilakukan tahun 2012 kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pekerjaan pembangunan jaringannya pada tahun 2013.
Proyek Pembangunan Jaringan Gas untuk rumah tangga di Kabupaten Blora memasang jaringan ke sekitar 4000 rumah tangga di tujuh desa terdiri dari 3 Kecamatan, di antaranya Kecamatan Kradenan Desa Sumber dan Desa Mojorembun, untuk Kecamatan Kedung Tuban terdiri dari 5 Desa diantaranya Desa Pulo, Desa Tanjung Desa Wado dan Desa Kemantren, untuk Kecamatan Cepu di Desa Kapuan.
City gas secara harfiah adalah gas kota, namun dengan beberapa pertimbangan dan skala prioritas, Bupati Blora setelah menyampaikan usul dan mendapatkan kesepakatan bersama antara pihak eksekutif dan legislatif, memutuskan Kabupaten Blora akan memanfaatkan jaringan gas ini untuk desa – desa yang lokasinya paling dekat dengan lokasi sumur dan pengelolaan gas.
Setelah dilakukan beberapa pertimbangan dari segi teknis, perekonomian serta faktor penunjang lain maka ditetapkan tujuh desa di tiga kecamatan sekitar lokasi sumur dan pengolahan gas yang akan mendapat sambungan gas, sehingga dapat dikatakan bahwa inilah program Village Gas pertama di Indonesia.
Ketujuh desa tersebut adalah Desa Sumber, Desa Mojorembun Kecamatan Kradenan, Desa Wado, Desa Kemantren, Desa Pulo dan Desa Tanjung Kecamatan Kedungtuban serta Desa Kapuan Kecamatan Cepu.
Pemerintah Daerah sangat berharap Jaringan Gas untuk Rumah Tangga di Kabupaten Blora segera beroperasi di tahun 2015 ini. (Lukman/ HMS)

Lebih lengkap baca model Tabloid
Gambar klik
kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru