Keanehan Seputar Ujian Nasional di Blora


Siswa Putus Sekolah Masih Terdaftar Sebagai Peserta UN

Sejumlah siswa SMP tengah mengikuti UN. Mereka optipmistis akan lulus dalam UN tahun ini. (MURIANEWS/PRIYO) Sejumlah siswa SMP tengah mengikuti UN. Mereka optipmistis akan lulus dalam UN tahun ini. (MURIANEWS/PRIYO)

BLORA - Hingga hari keempat atau hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP/MTs/sederajat di Kabupaten  Blora, berjalan lancar. 

Sebanyak 13.922 siswa mengikuti UN dari hari pertama hingga hari terakhir. 

Termasuk dua siswa SMPLB ikut semua dan tanpa ada yang absen.

“Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan lancar. Hanya saja dari data yang diterima hingga hari ini ada 12 siswa yang tidak hadir, itu dikarenakan mereka sudah putus sekolah namun masih terdaftar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan 
Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora Achmad Wardoyo melalui Kasi Kurikulum Pendidikan (Dasar Dikdas) Syamsul Qomar, Kamis (7/5/2015).

Ia menjelaskan 12 siswa yang tidak ikut sudah keluar dari sekolah, sejak semester dua dan memang mereka sudah terdata sebagai peserta UN tingkat SMP/MTs/sederajat. “Ya data sampai akhir dan hingga pengumuman 12 anak itu nantinya yang tidak lulus,” Jelasnya.

Menurutnya jika nantinya ada siswa yang tidak ikut UN, masih disediakan waktu untuk mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan 11-14 Mei. Untuk ujian susulan itu hanya dikhususkan pada mapel yang tidak diikutinya.

“Jika ada siswa yang tak mengikuti ujian, ada ujian susulan dan wajib mengikutinya. Namun jika ada yang tidak bisa ikut UN harus bisa menunjukkan surat keterangan yang kuat, kalau dia tidak bisa ikut UN,” terangnya. (PRIYO/ALI MUNTOHA)