Sistem e-Monev Pemda Blora



Wajib Kuasai Sistem e-Monev
INFOKU, BLORA – Pemkab Blora melalui Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan ,Komunikasi dan informatika (DPPKKI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Elektronik Monitoring dan Evaluasi (e-Monev) di Ruang LPSE Setda Blora, pada 24-25 November.

Acara yang dihadiri 60 peserta dari masing-masing SKPD se-Kabupaten Blora tersebut, bertujuan agar sistem e-Monev bisa ditingkatkan, sehingga dapat membantu menghimnpun informasi capaian kinerja yang lengkap dan cepat.
“Dengan sistem e-Monev, lembaga, dinas dan instansi dapat memberikan laporan dengan lebih cepat. Sehingga tidak perlu menunggu laporan berupa email maupun kertas dan mempermudah para penanggung program di berbagai instansi. Hal ini juga bisa mengefektifkan kinerja pembangunan,” ujar Pratikno Nugroho,Sekretaris DPPKKI Blora.
Pelatihan ini juga tindaklanjut dari pelatihan yang kaitannya dengan rencana umum pengadaan barang dan jasa.e-Monev merupakan aplikasi yang terbuka yang bisa diakses siapa saja oleh pemerintah pusat dan masyarakat.
Sehingga harapan pemerintah dengan digulirkannya e-Monev akan bisa memantau pelaksanaannya terkait percepatan anggaran.
“Sekarang dalam sistem managemen pengelolaan keuangan diberbagai aspek apalagi kedinasan, e-Monev dalam fase terakhir dalam penggunaan sistem yang berbasis situs dengan aplikasi yang berbeda. Aplikasi ini mempermudah dan mengefektifkan dengan sistem pelaporan yang tidak lagi menggunakan kertas dan email dan sebagainya,” jelasnya. (Endah/FG)