Pembangunan Blora



Kenaikan Peringkat IPM di Blora diawali Pembangunan Infrastruktur
INFOKU, BLORA – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Blora memang menduduki urutan yang cukup buncit, yakni urutan 28 dari 35 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah.
Dengan membangun infrastruktur, Pemkab Blora meyakini, urutan IPM yang diperoleh oleh Blora dapat merangkak naik ke urutan yang lebih baik.

Hal itu seperti disampaikan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho dalam seminar peningkatan IPM melalui pemanfaatn potensi lokal di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Blora, Rabu (11/5/2016).
Menurutnya, pembangunan infrastruktur jalan di kawasan hutan diibaratkan sebagai jaring atau kail. Dengan infrastruktur jalan yang baik, dinyakini akan berdampak bagi seluruh sendi kehidupan masyarakat. Dan pada akhirnya bisa meningkatkan IPM.
”Ekonomi akan tumbuh dengan pesat. Dengan kondisi jalan yang bagus, masyarakat tidak akan segan beraktifitas kerja maupun sekolah. Derajat kesehatan masyarakat desa juga akan lebih meningkat. Kami tidak ingin memberikan ikannya tapi kail atau jaringnya. Dengan begitu, masyarakat akan bisa berkembang menjadi lebih baik,” ujarnya.
Bupati Blora ke 27 ini didaulat menjadi narasumber dalam seminar yang digagas KNPI bekerjasama dengan Bappeda. Selain Djoko Nugroho, narasumber lainnya yang mengisi seminar adalah Luhur Fajar Martha (Litbang Kompas) dan Kepala Bappeda Blora Samgautama Karnajaya.
Kokok, sapaan akrab Djoko Nugroho menambahkan, bahwa Blora sebagian merupakan kawasan hutan. Ia menegaskan, bahwa pihaknya akan mengambil alih perbaikan jalan yang melintasi kawasan hutan perhutani.
Sampai saat ini, kondisi di kawasan hutan sangat jelek dan terkesan dibiarkan tanpa perbaikan. Padahal jalan tersebut menjadi jalur penghubung desa-desa di beberapa kecamatan. 
”Kami akan mengajukan izin pinjam pakai kawasan hutan kepada Perhutani. Boleh tidak boleh, kami akan perbaiki jalan kawasan hutan agar lebih bagus,” tandas Kokok.(Vina/KM)

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru