SMPN 5 Blora Go to Word Dance Day



SMPN 5 Blora
Dengan Youtube Terpilih Ikuti Ajang Peringatan Word Dance Day
INFOKU, BLORA- Prestasi cukup spektakuler di raih SMPN 5 Blora dalam bidang kesenian.
Hal ini karena Mereka akan tampil pada ajang nasional peringatan Hari Tari Dunia (Word Dance Day/WDD) 2016, di Solo Kamis (28/4/2016).
Menurut Kepala Sekolah SMPN 5 Blora, Fitrotun Khasanah, keikut-sertaan sekolahnya di ajang bergensi ini berkat media sosial youtube pada saat ada even Blora banjir Barongan 2015 lalu.
“Dari berbagai youtube “Blora Banjir Barongan” beberapa waktu lalu, yang dilihat dan diseleksi TIM WDD ISI Surakarta, ternyata yang terpilih kami, sehingga berhak tampil di Solo,” kata Upik panggilan akrab kepala Sekolah SMPN 5 Blora ini.
Dia juga menerangkan Dalam even tersebut SMP Negeri 5 Blora menampilkan kesenian daerah Blora Barong Thir Thur Laskar Sogok Thuntheng. 
“Kesenian Barong Thir Thur Laskar Sogok Thuntheng merupakan salah satu kegiatan ekstra kurikuler di SMP Negeri 5 Blora yang bertujuan untuk melestarikan budaya daerah Kabupaten Blora”, jelasnya.

Disamping itu dalam kesenian Barong Thir Thur Laskar Sogok Thuntheng ini dipadukan dengan seni batik tulis karya siswa siswi  yang merupakan ikon SMP Negeri 5 Blora.
Upik juga menambahkan Seni Barong Thir Thur Laskar Sogok Thuntheng didukung oleh 7 orang guru sebagai pembimbing. 
Barong Thir Thur Ide garapan karya seni ini mengambil cerita pethilan seni rakyat barongan yang berkembang di kabupaten Blora yang menggambarkan kegagahan tokoh bujang ganong dan singo barong. 
Unsur bunyi Thir dan Thur mendominasi ilustrasi musik, bunyi Thir menggambarkan bahwa siswa itu harus fokus untuk berfikir, Thur menggambarkan bahwa siswa itu harus bersikap jujur dan  Sogok Thuntheng adalah wujud simbol merah dan hitam yang menggambarkan kebersamaan dan keberanian masyarakat Blora,” tambahnya.(Agung)

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru