Opini PASAR BASAH YANG NYAMAN



MEMBANGUN PASAR BASAH YANG NYAMAN
Opini: Drh Gundala Wijasena- Staf Ahli Bidang Ekonomi & Keuangan Pemkab Blora
Sehubungan dengan akan dibangunnya Pasar Blora di Gabus, yang rencananya akan digunakan sebagai pasar basah.
Dengan ini kami sampaikan beberapa pokok pikiran yang barangkali akan bermanfaat sebagai masukan.
Diharapkan adanya perbaikan infrastruktur perdagangan dengan mengangkat status pasar tradisional yang kumuh menjadi pasar tradisional modern yang tertata rapi dan bersih .
Harapannya konsep ini dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Blora khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM)

Untuk menjadikan pasar basah yang biasanya kumuh menjadi pasar yang bersih dan kering perlu langkah-langkah sebagai berikut:

 1. Menata design bangunan agar ada ruang yang cukup untuk penjual dan pembeli.
a. Dalam satu los dibagi menjadi beberapa bagian, di sebelah pinggir dibuat kios-kios untuk menjual dagangan yang tidak busuk dengan cepat. Kios ini bisa menghadap luar ataupun menghadap ke dalam. Untuk kios daging baiknya menghadap ke dalam. Los bagian dalam dibuat untuk beberapa pedagang dalam satu ruangan luas.
b. Tempat berjualan dibuat permanen dengan keramik dengan ukuran panjang XlebarXtinggi= 2 meter X 1,5 meterX 1,5 meter tiap pedagang. Antara pedagang satu dengan lainya di diberi jarak ½ meter atau digabung menjadi satu meja untuk beberapa pedagang.
c. Los daging ditempat sendiri, dengan ditutup kaca atau kawat kasa sehingga lalat tidak bisa masuk serta pembeli tidak bisa memegang daging.
d. Lantai agak tinggi dari tanah sehimngga bila banjir tidak tergenang air.
e. Terdapat ruang gerak bagi pembeli sehingga tidak berdesak-desaan.
f. Terdapat tempat senampungan sampah yang setiap saat dibuang ke TPA.
g. Lantai keramik sehingga mudah dibersihkan.
2. Mendidik pedagang dan masyarakat untuk mencintai kebersihan, dengan selalu menata rapi dagangannya serta selalu membersiahkan setiap sampah yang jatuh ke lantai.
3. Membentuk Asosiasi Pedagang Pasar, dimana asosiasi ini membentuk kepengurusan yang bertanggungjawab terhadap kebersihan maupun keamanan.
Selain itu juga bertanggungjawab terhadap kelancaran retribusi. Dengan terciptanya pasar basah yang bersih maka hyginitas bahan pangan bisa terjaga serta pedagang maupun pembelinya nyaman. 
Selain itu pasar tidak menimbulkan bau yang tersebar di sekitarnya. Satu hal yang tidak pernah terpikirkan adalah, pasar yang nyaman akan menjadi tempat rekreasi yang menghibur bagi keluarga, maupun wisatawan yang datang ke Blora.


Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru