Peringatan Proklamasi RI ke 71



Upacara Peringatan Proklamasi RI ke 71
INFOKU BLORA - Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI di Kab. Blora berlangsung khidmat, dengan Insektur Upacara Bupati Blora Djoko Nugroho.
Setelah pengibaran bendera merah putih, Bupati Blora membacakan teks Pancasila, Sedangkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Kab. Blora Bambang Susilo. Detik-detik kemerdekaan RI ditandai dengan suara ledakan dan bunyi sirine.
Dalam sambutannya Bupati membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
menyebutkan, momentum peringatan hari Kemerdekaan RI, merupakan milik seluruh rakyat Indonesia.
Untuk itulah, lanjutnya penting di sini kita melakukan upaya revitalisasi nilai-nilai kebangsaan, kemerdekaan, dan demokrasi. Proklamasi kemerdekaan RI sebagai puncak dari kesepakatan bangsa untuk mewadahi kehidupan kebersamaannya melalui pembentukan Negara kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Seusai upacara, Bupati menyerahkan piagam satya lancana karya satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada penerima.
Kemudian dilanjutkan dengan pemberian remisi bagi warga binaan rumah tahanan kelas II B Blora.
Peserta upacara terdiri dari unsur PNS, TNI-POLRI, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Sedulur Sikep (Pengikut Ajaran Samin Surosentiko), Mahasiswa dan Pelajar.
Dandim
Sedangkan untuk Upacara Penurunan Bendera Merah Putih sekitar pukul 17.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 0721 Blora, Letkol Inf. Susilo. S.Sos.
Prosesi penurunan bendera merah putih juga dihadiri Bupati Blora Djoko Nugroho dan Wakil Bupati Blora Arief Rohman serta jajaran legislatif, eksekutif dan Yudikatif, pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD, Legiun Veteran Republik Indonesia Kab. Blora, tokoh agama dan masyarakat serta tamu undangan lainnya.
Sebelumnya, tamu undangan dan masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi penurunan bendera disuguhi penampilan anak-anak mulai tingkat SMP dan SMA yang menyanyikan lagu-lagu nasional, juga penampilan dari group marching band SMA Negeri 1 Blora.
Kapolres
Sementara malan hari sebelumnya Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Wira Bhakti Blora, Selasa (16/9), Upacara dipimpin Kapolres Blora AKBP. Surisman, S.Ik.
Upacara yang dimulai sekitar pukul 00.00 WIB ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Ikut dalam upacara, Bupati Blora Djoko Nugroho, Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Blora, Plt. Sekda Blora Sutikno Slamet, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda Blora, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), PNS, Personel TNI-Polres, Mahasiswa serta Pelajar.
Kabag Humas dan Protokol Setda Blora, Irfan Iswandaru mengatakan Upacara penghormatan ini untuk mendoakan para Pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. 
“Kapolres meletakkan karangan bunga dan menyalakan lilin di sekitaran makam Pahlawan, Ini sebagai bentuk bahwa semangat mereka terus berkobar dan tak akan pernah padam,” jelasnya. (Endah/Vina)

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru