Opini : PELUANG EKONOMI KREATIF



PELUANG  EKONOMI KREATIF DI BLORA
Opini: Drh Gundala Wijasena- Staf Ahli Bidang Ekonomi & Keuangan Pemkab Blora
Perkembangan peradaban telah membawa berbagai permasalahan termasuk di dalamnya masalah ketenagakerjaan.
Banyak dimensi kehidupan menyebabkan semakin sempitnya tersedianya lapangan kerja bagi sektor formal. 
Banyaknya lulusan perguruan tinggi yang tidak tertampung pada bidang yang sesuai pendidikannya menyebabkan perlunya alternatif lain yang akan menampung tenaga terdidik untuk berkreasi sehingga bisa memperoleh penghasilan yang layak sesuai dengan kemampuannya.
Struktur perekonomian dunia tengah mengalami gelombang transformasi teknologi dengan laju yang cepat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dari yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) diikuti menjadi berbasis Sumber Daya Manusia (SDM), dari era genetik dan ekstraktif ke era manufaktur dan jasa informasi serta perkembangan terakhir masuk ke era ekonomi kreatif

     Ekonomi kreatif merupakan salah satu alternatif bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan berkreasi untuk bisa mendapatkan penghasilan.
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.
Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Howkins menjelaskan ekonomi kreatif sebagai "kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan."[4].
Howkins juga mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai kegiatan ekonomi dimana input dan outputnya adalah gagasan. Atau dalam satu kalimat yang singkat, esensi dari kreativitas adalah gagasan.
Agaknya baik konsep kewirausahaan maupun konsep ekonomi kreatif terdapat unsur benang merah yang sama, yakni terdapat konsep kreativitas, ide atau gagasan serta konsep inovasi.
Kreativitas adalah proses berfikir dan menggugah inspirasi dengan cara yang berbeda dari biasanya, dimana seseorang tertantang untuk dapat melahirkan suatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
Kreativitas dalam bisnis adalah bagimana cara menerapkan kreativitas dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan agar dapat memunculkan produk, prosedur dan struktur baru sekaligus meningkatkan cara kerja kita kearah yang lebih baik.
Ekonomi kreatif ini meliputi berbagai hal yang menuntut kreatifitas seseorang seperti periklanan, arsitektur, fashion, kuliner, pertamanan, kerajinan, design roduk.
Untuk menghasilkan iklan yang menarik perlu kreatifitas yang tinggi sehingga mempengaruhi costumer. Untuk arsitektur jelas sangat membutuhkan kreatifitas karena merupakan kombinasi antara pemanfaatan ruang dan keindahan.
Begitu juga dengan fashion, kuliner, kerajinan dan design produk,  semuanya membutuhkan kemampuan seni yang tinggi, ide-ide yang menarik kostumer untuk membeli produknya. Selain beberapa hal di atas banyak lagi kreatifitas yang mendorong pengembangan ekonomi di kabupaten Blora tercinta ini.

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru