Livoli Divisi Utama di Blora



16 Tim Nasional Berlaga Livoli Divisi Utama di Blora
INFOKU, BLORA – Sebanyak 16 tim voli putra dan putri akan bertanding di Kejuaraan Nasional Bola Voli Antarklub PGN Livoli Divisi Utama 2016 di Gor Mustika, 4-11 Desember. Menurut rencana, pertandingan pembukaan event nasional itu akan berlangsung Minggu (4/12) mulai pukul 14.30.
Delapan tim putra terdiri dari Mars Probolinggo, Samator Surabaya, TNI AU Jakarta, Yuso Yogyakarta, Indomaret Sidoarjo, Berlian Semarang, TNI AL dan Pasundan Bandung. TNI AL dan Pasundan Bandung merupakan tim promosi setelah meraih juara pertama dan kedua diperhelatan di Livoli Divisi I di Indramayu, tahun lalu.
Delapan tim putri, yang akan berlaga adalah Alko Bandung, LNG Bontang, Petrokimia Gresik, TNI AU, Bank Jatim, Mabes TNI, Vobgard Jakarta serta Mitra Kencana Semarang. Vobgard meraih juara Divisi I tahun lalu sehingga berhak promosi ke Divisi Utama 2016. Adapun Mitra Kencana Semarang sebagai runner up.
Ke-16 tim putra dan putri tersebut akan bersaing untuk memperebutkan juara pertama sekaligus promosi ke event yang lebih tinggi, yakni Proliga 2017. Dua tim terbaik putra dan putri akan promosi ke Proliga, sedangkan dua tim terbawah bakal terdegradasi ke Divisi I.
”Sistem dan jadwal pertandingan di Livoli Divisi Utama 2016 ini baru akan ditentukan dalam temu teknik yang akan berlangsung Sabtu (3/12) di Aula Setda Blora,” ujar Wakil Ketua PBVSI Blora, Ahmad Sutaat, yang juga wakil ketua panitia pertandingan Livoli, kemarin. Bukan kali ini saja Blora ditunjuk menjadi tuan rumah kejurnas voli. Pada 2009, Gor Mustika juga menjadi tempat penyelenggaraan Livoli Divisi I.
Dengan pengalaman tersebut, dinyakini pelaksanaan Livoli Divisi Utama tahun ini akan berlangsung sukses. Panitia lokal telah menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menyelenggaraan event yang berdekatan dengan Hari Jadi ke-267 Kabupaten Blora, 11 Desember.
Sejumlah hotel telah di-booking untuk tempat menginap pemain dan ofisial tim peserta. Hingga Jumat siang kemarin, beberapa tim sudah tiba di Blora, di antaranya Tim TNI AL.

Diperkirakan semua tim sudah akan tiba di Blora Jumat malam. Sebab, pada Sabtu siang akan digelar temu teknik untuk seluruh peserta. ”Tidak ada tim yang absen.
Sebab, ini pertandingan nasional yang menentukan nasib setiap tim untuk promosi maupun degradasi,” tandas Ahmad Sutaat. Menurutnya, di perhelatan Livoli Divisi I 2009 lapangan di Gor Mustika disekat menjadi dua untuk pertandingan babak penyisihan.
Adapun di pertandingan final sekat dihilangkan dan hanya menggunakan satu lapangan. ”Untuk penyelenggaraan Livoli Divisi Utama tahun ini, full menggunakan satu lapangan hingga pertandingan final.
Ketentuannya memang seperti itu,” kata Sutaat. Tiket pertandingan babak penyisihan Rp 10.000, sedangkan tiket pertandingan semifinal dan final Rp 20.000.
Selain tiket yang dijual langsung, panitia juga menyediakan tiket terusan dengan harga Rp 150.000. Tiket terusan itu bisa dipakai untuk menyaksikan seluruh pertandingan. (Endah/SM)