Tim Saber Pungli Blora



Polres & Pemkab Segera Bentuk Tim Saber Pungli
INFOKU, BLORA. Menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang pemberantasan segala bentuk pungutan liar (pungli) di jajaran pemerintahan, Polres Blora dan Pemkab pun berencana akan segera membentuk Tim Saber Pungli yang didahuli dengan digelarnya rapat koordinasi antara kepolisian, inspektorat dengan Sekda Blora.
Bertempat di kantor Inspektorat Blora yang baru, rakor perencanaan pembentukan Tim Saber Pungli itu dilaksanakan Rabu (04/01/17). Wakapolres Kompol Indriyanto Dian Purnomo mewakili Kapolres Blora AKBP Surisman SIK, MH didampingi Kasi Pengawasan IPTU Sumali memimpin rapat rencana pembentukan tim Saber Pungli itu.
“Sampai sekarang memang belum ada timnya karena baru akan dirapatkan di Inspektorat, kita sudah mengkordinasikan dengan sekretaris daerah (Sekda) Blora Bondan Sukarno dan ketua Inspektur Blora Bambang Darmanto,” kata Kompol Indriyanto Dian Purnomo, Kamis (05/01/17).

 Caption : Pihak Polres Blora berkoordinasi dengan Sekda Bondan Sukarno membahas perencanaan pembentukan Tim Saber Pungli
Terkait dengan komposisi anggota tim saber pungli, kata dia, pihaknya belum mengetahui dari institusi mana saja, namun tidak menutup kemungkinan dari Inspektorat, Kejaksaan juga kepolisian Resor Blora.
“Tim saber pungli kita lihat nanti, sebab di Pemda akan ada koordinasi, kita manut aturan dan kesepakatan saja. Tidak ada target karena tergantung Pemda,” katanya.
Sekretaris daerah (Sekda) Blora Bondan Sukarno mengatakan, meski tim dan satgas saber pungli di Blora belum terbentuk, namun bukan berarti pencegahan praktik pungli di Blora belum jalan. Melainkan sudah dilaksanakan dengan instruksi ke semua instansi pemerintahan wilayah Kabupaten Blora.
“Sementara ini sudah dalam bentuk imbauan. Dari Bupati juga sudah melayangkan edaran ke semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD), intinya tidak boleh ada pungli, kalau melanggar Pak Bupati tidak akan main-main,” katanya.
Apalagi, kata dia, semua pejabat eselon II B selaku kepala badan, kantor hingga kepala dinas dan seluruh camat sudah melakukan penandatangan pakta integritas sebagai komitmen untuk menjalankan amanah sesuai dengan aturan disiplin pegawai.
“Edaran dari Bupati juga jelas bahwa semua pejabat dan PNS tidak boleh melakukan pungli apapun bentuknya termasuk ucapan terima kasih kepada atasan. Karena semua sudah tandatangani pakta integritas,” katanya.
Untuk pembentukan tim Saber Pungli sendiri, Sekda belum bisa menerangkan secara gamblang. Karena menurutnya masih butuh perundingan lebih khusus dengan pihak kepolisian, kejaksaan dan inspektorat. (Endah/IB)


Baca Model Cetak tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru