Pembangkit Listrik Tenaga Matahari



Pembangkit Listrik Tenaga Matahari ada di Kawasan Wisata Cengklik

INFOKU, BLORA – Persoalan ketiadaan listrik di kawasan wisata Bukit Cengklik di Desa Bicak, Kecamatan Todanan, Blora, mulai terpecahkan. Itu setelah SMKN 1 Blora memberikan bantuan peralatan pembangkit listrik tenaga matahari dan kincir angin.
Dengan memanfaatkan energi sinar matahari, sejumlah siswa SMKN 1 Blora menciptakan kincir angin pembangkit listrik yang ramah lingkungan. Peralatan tersebut kemudian dipasang di kawasan wisata yang dikenal dengan ‘’Atas Awan Blora’’.

 Pembangkit listrik tenaga sinar matahari karya siswa SMKN 1 Blora dipasang di kawasan wisata Bukit Cengklik di Desa Bicak, Kecamatan Todanan
“Pembangkit listrik ini mampu menghasilkan daya listrik hingga 500 watt,” ujar Dodik Prasetyo, salah seorang siswa yang membuta pembangkit listrik tersebut.
Terletak di kawasan ketinggian yang cukup jauh dari pemukiman warga, membuat kawasan wisata Bukit Cengklik tidak terjangkau aliran listrik PLN. Melihat hal tersebut, sejumlah siswa SMKN 1 Blora berinisiatif membuat pembangkit listrik tenaga matahari dan angin.
Memanfaatkan tiga baling baling dan solar sell yang di pasang, pembangkit listrik itu bisa menyimpan daya listrik yang digunakan para pengujung untuk mengisi ulang baterai ponsel maupun laptop.
Selain itu, listrik yang dihasilkan dari peralatan tersebut bisa disimpan ke dalam aki. Dengan memanfaatkan sensor, saat malam  tiba, lampu di pembangkit listrik itu akan menyala sendiri. Pembangkit listrik inipun diklaim mampu menjadikan solusi bagi para wisatawan yang berkunjung di Bukit Cengklik saat ponsel mereka kehabisan baterai.
“Minimal bisa untuk ngecharge HP. Selain untuk komunikasi, HP kami gunakan juga untuk foto-foto selfie,’’ kata Febrina, salah seorang pengunjung yang telah menggunakan daya listrik dari pembangkit listrik karya siswa SMKN 1 Blora tersebut.
Peralatan pembangkit listrik tersebut telah diserahterimakan kepada kepala desa Bicak dan pengelola kawasan wisata Bukit Cengklik. Diharapkan dengan dipasangnya alat tersebut bisa membuat wisatawan betah berlama-lama di puncak bukit yang memiliki pemandangan bagus.(Vina/AM)