UMKM Kabupaten Blora



Sektor UMKM Kabupaten Blora Harus Bisa Naik Kelas
INFOKU, BLORA. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Blora terus mendapatkan perhatian dari Pemkab agar bisa terus berkembang dan sejajar dengan kualitas produk industri besar.
Perhatian itu diwujudkan oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) dengan menggelar Score Plus Training bagi para pelaku UMKM yang diseleksi dari 100 menjadi 20 besar untuk dibina, diberikan pendampingan dan pengembangan produk.
Bekerjasama dengan PKK Kabupaten Blora dan Dekranasda, Score Plus Training dilaksanakan sejak bulan April 2017 lalu dan ditutup dengan pameran serta seminar hasil pendampingan yang diikuti 20 UMKM hasil seleksi, Senin Lalu.
Dimana selama kurang lebih 4 bulan itu, pelaku UMKM mendapatkan berbagai ilmu dari Bedo Score dan Sampoerna.
“Kami ingin produk-produk usaha kecil menengah di Kabupaten Blora bisa semakin maju dan bersaing dengan daerah lain. Oleh karena itu kami laksanakan pendampingan dengan menggandeng Bedo Score dan Sampoerna yang sudah berpengalaman dalam pengembangan UMKM di Indonesia,” ucap Maskur, Kepala Dindagkop UKM Blora.
Senada dengan Maskur, dalam penutupan Score Plus Training yang berlangsung di Pendopo Kabupaten, Bupati Djoko Nugroho menyampaikan harapannya bahwa sektor UMKM Kabupaten Blora harus naik kelas. Ia mencontohkan salah satu produk UMKM yang sudah bagus adalah batik, namun masih banyak kerajinan lainnya yang patut untuk didorong naik.
“Dengan adanya pelatihan dan pendampingan Score Plus Training dari Bedo dan Sampoerna ini, maka jenengan semua harus menjadi lebih maju. Semuanya harus naik kelas, ada peningkatan dari sebelumnya baik dari sisi kualitas, manajemen maupun pemasarannya,” tegas Bupati.
Sebagai diketagui ada 20 besar UMKM peserta pelatihan Score Plus adalah WNS Taman Kreatif, Rumah Tahu Bakso UD. Buijie, Kanaya Konveksi, Omah Sofie, Jadi Art, Grafika Production, Mumpuni Frame & Galery, Griya Batik Nusantara, Roti Restu Ibu UD Nusantara, Zevana, Rumah Batik Triji, Keripik Cap Bawang, Omah Zuppa Mayangsari, Dean’s rempeyek, Antoseno Keramik Balong, Lumpia Lovin, Rumah Mode Een, UD Suryo Putra, Batik Tulis Balun Jaya dan Wingko Babat Spoor Lokomotif.
Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Umi Kulsum Djoko Nugroho, juga perwakilan PT HM Sampoerna dan Kepala Bank Jateng Cabang Blora. (Trisiana/IB)


Baca Model Cetak tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru