Pemkab Blora - Tabloid INFOKU 48



Formasi PNS belum diterima BKD
INFOKU, BLORA- Wacana tentang moratorium Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diembuskan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggelinding ke publik.
Meski isu tersebut telah dilempar namun hingga kini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebagai institusi yang menangani kepegawaian belum menerima surat apapun terkait formasi PNS yang baru.
Hal itu disampaikan Kepala BKD Kabupaten Blora Suwignyo saat dikonfirmasi tentang adanya wacana moratorium PNS, Jumat (1/2).
“Kami memang telah mendengar tentang adanya wacana moratorium PNS. Namun sampai sekarang belum ada formasi PNS baru dari pusat,” kata Suwignyo.
Terkait tentang pengangkatan PNS sendiri mantan Kepala BPMPKB itu menyampaikan masih menunggu regulasi kebjiakan dari pusat.
Sebab BKD daerah tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengangkatan PNS.
”Ya tentang pengangkatan PNS itu kita masih menunggu kebiakan pusat. Jika tentang formasi baru tidak ada. Yang ada hanya kemungkinan pengangkatan guru honorer yang masuk K 2,” bebernya.
Suwignyo menjelaskan berdasarkan informasi yang ada bahwa pelaksanaan ujian tertulis bagi guru honorer K 2 itu bakal dilaksanakan pada bulan Juli tahun ini. Sesuai rencananya tim yang menangani pelaksanaan tes itu sendiri dari pusat.
”Jumlah K 2 dari Kabupaten Blora sebanyak 1.793. Untuk jadi tidaknya pelaksanaan ujian tertulis masih menunggu kebijakan dari pusat,” ujarnya.
Dia menambahkan bahwa sesuai peraturan dan perundang-undangan yang ada pemerintah daerah tidak bakal mengangkat PNS selagi dana yang digunakan untuk belanja pegawai dari APBD Kabupaten Blora masih di atas 50 persen.
”Sekarang total dana APBD yang digunakan belanja pegawai saja 70 persen dari Rp 1 triliun lebih,” ungkapnya.(Endah/YD).
  
Lebih lengkap baca model Tabloid
        Gambar klik kanan pilih open New Tab atau Buka tautan Baru