tabloid INFOKU Rohil 81



Lahan Kosong segera didata Distanak
INFOKU, BAGANSIAPIAPI, ROHIL- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rokan Hilir akan menginventarisir lahan kosong yang ada di Kecamatan Batu Hampar agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat penanaman padi maupun buah.
 
"Perlu dilakukan pendataan lahan kosong berapa banyak tidak terpakai di Batu Hampar. Saya dengar ada petani sewa lahan dengan sistem kontrak tiga tahun, sementara pemilik lahan berada di Pekanbaru, Jakarta. Lahan seperti inilah yang perlu di data, lahan itu mahal. Sayang kalau hanya menjadi lahan tidur,"kata Kepala Distanak Rohil Ir.Muslim belum lama ini dalam pertemuan dengan kalangan petani buah di Kepenghuluan Bantaian Hilir, Batu Hampar.
Pemanfaatan lahan secara optimal merupakan pilihan yang masuk akal dalam rangka meningkatkan produktifitas bidang pertanian.
"Lahan kami banyak yang tidak diolah, memang harus difikirkan bagaimana caranya agar lahan itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menerapkan sistem sewa pakai," ujar Muslim.
Datuk Penghulu Bantaian Hilir Sufri membenarkan masih banyak lahan yang terkesan dibiarkan begitu saja di wilayah yang merupakan lintasan antara Bagan Siapi-api Kecamatan Rimba Melintang itu.
Contoh lahan tidur terdapat di lingkungan sekitar kantor pemerintahan Kecamatan Batu Hampar dan di belakang Puskesmas.
Menurut Sufri, ke depan pihaknya segera melakukan pendataan lahan tidur yang ada di wilayah kepenghuluan itu, karenanya dia mengharapkan agar ada perhatian dari pemerintah untuk turut membantu mencarikan solusi agar lahan tidur yang ada dapat digunakan oleh kalangan petani.(Moris)

Lihat ukuran Besar....

Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru