TMMD Blora

JALAN DUKUH DIBANGUN TENTARA BERSAMA WARGA

 

Jalan yang menghubungkan antara dukuh Bogorejo dan dukuh Gelam Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora tidak lama lagi bakal nyaman dilalui oleh warga masyarakat setempat. 

Sebab jalan dukuh tersebut sedang dibangun oleh tentara dibantu warga pada program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2015.


Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin menjelaskan, untuk mewujudkan pencapaian tujuan dan sasaran TMMD Sengkuyung tahap I tahun ini maka ditetapkan sasaran Fisik dan Non Fisik.


Sasaran Fisik yang dilakukan adalah pembangunan Infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Yang di antaranya  membangun jalan Makadam P. 1.850 M X L. 2.25 M, Pekerjaan Talud I P. 250 M X T. 1.5 M, Pekerjaan Talud II P. 12 M X T. 1.5 M. Waktu pelaksanaan selama 21 (dua puluh satu) hari.


Sedangakan sasaran Non Fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya Inovasi dan kreativitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.


Penjelasan Dandim tersebut dikemukakan saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Gatot Nurmantyo pada upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015 yang berlangsung di lapangan sepak bola Ds. Todanan Kec. Todanan, Kamis (07/05).


Menurut Dandim, Dengan langkah dan pendekatan seperti itu, berharap TMMD tidak hanya dapat terus    mempercepat   proses  pembangunan dan peningkatan   kesejahteraan masyarakat di daerah,   tetapi  juga  pada  gilirannya akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh.


Hadir dalam Upacara Pembukaan TMMD,  Bupati Blora Djoko Nugroho, Kajari Blora Mochamad Djumali, SH. MH, Ketua Pengadilan Negeri Blora S. Pujiono, SH. M. Hum, Ketua DPRD Kab. Blora, Danyonif 410/Alg diwakili Danki ”B” Kapten Inf Surana, Sejumlah pimpinan SKPD, Muspika Se Kec. Todanan serta Kepada Desa/kelurahan wilayah setempat.


Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015, di Ds. Kedungwungu Kec. Todanan berlangsung lancar. Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin, Komandan Upacara Danramil 15/Japah Kapten Inf Subeno,  peserta upacara dua peleton Pasukan Kodim 0721/Blora, dua peleton Pasukan Yonif 410/Alg, satu Peleton Pasukan Polres Blora, Satpol PP Kab. Blora, Polhut Blora dan Pramuka.


Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin sebagai irup secara simbolis menyerahkan peralatan kerja kepada ketiga orang perwakilan. Dilanjutkan pemukulan kentongan yang didampingi Forkopimda Kab. Blora sebagai tanda dibukanya TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2015.


Menumbuhkan gotong royong


Pada kesempatan tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho mengapresiasi positif program TMMD.


Menurut mantan Dandim 0720 Rembang itu, kegiatan TMMD mampu menumbuhkan dan membangkitkan kembali semangat gotong royong oleh warga masyarakat yang semakin tergeser.


“Bagus, ini merupakan bentuk kemanunggalan antara TNI dan Warga untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di perdesaan,” tegas Bupati yang akrab disapa Kokok.    


Usai upacara pembukaan TMMD berlangsung, Bupati Djoko Nugroho, Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ariful Mutaqin, Kapolres Blora AKBP Dwi Indra Maulana, Ketua Pengadilan Negeri Blora S. Pujiono, SH. M. Hum, Kajari Blora Mochamad Djumali, SH. MH secara sombolis menanam pohon mahoni di lokasi sekitar lapangan upacara.


Selain itu Bupati dan unsur Forkompimda lainnya meninjau basar hasil produk unggulan masyarakat Kec. Todanan yang di koordinir oleh Kantor Disperindagkop dan UMKM Blora.


Kegiatan lain yang dilakukan selama TMMD Sengkuyung tahap I yaitu pelayanan KB Kes dan pengobatan masal dari Kantor BPMPKB Kab. Blora bekerja sama dengan Polbankes 04.08.05 Blora, sedangkan untuk KB Kes melayani implan sebanyak 45 orang, IUD 3 orang dan pengobatan masal 162 orang. Kegiatan bertempat di Balai Desa Kedungwungu.   (DPPKKI Kab Blora | Pendim| ‘tg)