Rahasia Kasad Datang Ke Blora



Pemkab Akan All Out Sukseskan TMMD
INFOKU, BLORA – Pemkab Blora nyatakan akan all out mensukseskan program TMMD Reguler ke-95, Kodim Blora dengan desa sasaran Desa Karang Tengah, Kecamatan Ngawen, Blora. Mewakili Bupati Blora, DR Ir Ihwan Sudrajat, MM, Plt. Sekda, Ir H Sutikno Slamet, pada rapat koordinasi, Kamis (1/10), menyatakan, semua pihak di Blora, dinas instansi terkait akan mendukung sepenuhnya.
Menurut Sutikno Slamet, untuk ukuran Blora, kedatangan tamu dari pusat kalau kelasnya Menteri, sudah biasa. ‘’Kalau diumpamakan, Pemkab Blora kedatangan tamu dua menteri sudah biasa, tetapi kalau kedatangan tamu dari petinggi TNI baru pertama kali ini,’’ jelasnya.
Untuk itu, ini merupakan tuga berat. Namun demikian, Pemkab minta kepada semua pihak yang terkait  untuk cancut taliwondo mensukseskan kedatangan KASAD TNI, Jendral Mulyono, yang akan membuka TMMD Reguler ke-95 di Blora.
Alasan KASAD pilih Blora
Terkuak sudah kini soal kenapa Blora begitu istimewa di mata KASAD TNI, Jendral Mulyono , sehingga memilih Blora untuk membuka kegiatan TMMD reguler ke-95 se Indonesia. Diungkapkan Dandim 0721/Blora, Letkol Inf. Ariful Mutaqin,  bahwa TMMD Reguler ke-95, diselenggarakan di  540 Kabupatèn di Indonesia.
Waktu itu ke-540 tersebut diminta megajukan KASAD untuk bisa dijadikan pembukaan, termasuk Kodim Blora juga mengajukan dan akhirnya Kabupaten Blora yang dipilih. Padahal sesuai data yang ada di Pemprov Jawa Tengah, Blora kondisinya jumah warga yang miskin cukup banyak.
Usut punya usut, ternyata selama ini Blora belum pernah didatangi KASAD. Selain itu, saat ini  Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi adalah orang asli Blora, yakni dari Warga Kelurahan  Tambahrejo Blora Kota.
Selain itu, lanjut Dandim Letkol Ariful, kenapa KASAD berkenan memilih Blora, karena di Blora akan diagendakan untuk panen raya. Dimana luas areal tanaman padi yang akan dipanen mencapai 1.173 Ha, dari 3.000 Ha lahan yang ada di Kedungtuban.
‘’Pertimbanagan ini yang membuat KASAD TNI tertarik datang ke Blora meski lokasinya jauh,  Ini persoalan ketahanan pangan. Beliau ingin ngobrol dengan petani, sekaligus menyaksikan Mou antara petani dengan Bulog, yang intinya hasil panen akan dijual ke Bulog,’’ tandas Dandim .
Latihan Pengawalan

Kapolres Blora, AKBP Dwi Indra Maulana menyatakan akan mendukung sepenuhnya TMMD Reguler ke-95 Kodim 0721/Blora, mulai dari sosialisasi  hingga penutupan nanti. ‘’Kami jajaran Polri akan mendukung sepenuhnya,’’ tandasnya, Kamis (1/10).
Menurutnya, saat kedatangan KASAD TNI, Jendral Mulyono, ada beberapa kegiatan yang menyita sumber daya dalam jumlah besar. ‘’Dilihat dari agenda KASAD, untuk pengaturan lalu lintas jela akan menyita sumber daaya dalam jumlah besar.
Utamanya, terkait agenda di Kedungtuban, dimana KASAD dan beberapa rombongan akan menempuh perjalanan udara, namun tentu ada beberapa rombongan yang menempuh jalur darat. Di perjalanan darat yang perlu diperhatikan adalah jalur yang akan dilalui bukan jalan utama, melainkan melalui beberapa kecamatan yang perlu pengamanan ekstra ketat.
Untuk itu, Kapolres Dwi Indra Maulana merencanakan  perlu dan harus ada satu kali latihan pengawalan. Ini disebabkan skema lokasi pengawalan yang begitu panjang.  (Endah/DIM)