Topik-Jalan Perhutani Rusak Berat



Nekat Bangun Jalan Perhutani Demi Rakyatnya
INFOKU, BLORA- Langkah cepat Bupati Blora Djoko Nugroho dapat dikatakan sangatlah tepat.
Terutama di bidang pembangunan Infrastrutur Jalan di Blora, yang sebagian besar daerahnya dikelilingi Hutan menjadi prioritas utama dalam pemerintahannya.
Saat ditemui Infoku di rumah dinasnya Minggu lalu, dengan tegas mengatakan fokus pada pembangunan infrastruktur jalan milik Perum Perhutani.
Walaupun belum ada MOU dengan Perum Perhutani, Bupati Blora ke 27 ini tetap akan membangun jalan perhutani yang dilalui rakyatnya, demi menggerakan ekonomi masyarakat Blora yang ada disekitar hutan.
“Anda bayangkan masyarakat Blora yang ada diwilayah hutan kesulitan menjual hasil pertaniaan dan perkebunannya hanya karena kondisi jalan yang rusak, sehingga hasil pertanian dan perkebunan mereka di hargai sangat rendah,” jelas Kokok panggilan akrab Bupati Blora ini.
Menurut Kokok sektor Pertanian merupakan Penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Blora terbesar
“Jalan Perhutani akan kami ambil alih, saya sudah sampaikan kepada Kadivre Perhutani. Kasihan warga masyarakat seperti di Kepoh, Bangkleyan, Tlogotuwung selama ini belum bisa menikmati jalan yang baik. Kalau jalan baik bisa menjadi motivasi warga dan spirit hidup tinggi. Ini saya sampaikan sebagai prolog musrenbang,” ujar Kokok.
Data yang didapat INFOKU baru-baru ini Kabupaten Malang telah berhasil membebaskan lahan milik perum perhutani seluas 160 Hektar yang semuanya diperuntukan untuk infrastruktur jalan.
Informasi terakhir dari Pemprov Jatim, proyek tersebut, terutama yang berada di wilayah Kabupaten Malang, pada tahun 2016 ini akan rampung.
Segera MOU
Terpisah Plt Kepala DPU Blora, Bondang Sukarno yang juga menjabat Asisten II setda Blora, ketika dikonfirmasi mengatakan saat ini sedang melobi pihak perhutani di Jakarta.
Dirinya sangat yakin usaha keras Bupati Blora untuk memajukan rakyatnya terutama yang berada didaerah sekitar hutan akan membuahkan hasil yang maksimal.
“Kami sudah melobi ke Perum perhutani Jakarta serta Menteri PU terkait pembangunan jalan milik perhutani, dan kami yakin akan berhasil sehingga MOU Perum Perhutani dan Pemkab Blora akan terlaksana,” tegas Bondan.
Saat ditanya terkait kemungkinan dobel anggaran dalam satu kegiatan, Bondan menjawab tidaklah mungkin.
Menurut dia pembangunan jalan perhutani atau perbaikan bila daerah tersebut berproduksi. 
Atas dasar itulah Bondan percaya MOU dengan Perhutani dan Pemkab Blora terkait jalan tak lama lagi terwujud.(Vina/Endah/Agung)
 

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru