Upacara Gunakan Busana Samin



Peringati Hari Jateng, Peserta Upacara Gunakan Busana Samin
INFOKU, BLORA - Upacara Bendera peringatan Hari Ulang Tahun Jawa Tengah ke-66 di halaman Setda Kab. Blora, semua peserta upacara mengenakan busana Samin, Senin (15/8).
Peringatan tahun ini berbeda dengan peringatan sebelumnya karena peserta upacara menggunakan busana adat Jawa Tengah sesuai Surat edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 065.5/0168 tahun 2016 bahwa Pada tanggal 15 setiap bulannya wajib menggunakan pakaian-pakaian adat.
Pakaian Samin merupakan busana adat yang menjadi kebanggaan masyarakat Kab. Blora. Pemkab. Blora sejak Februari 2014 telah mengeluarkan Peraturan bagi Pegawai Negeri Sipil agar mengenakan pakai Samin setiap hari Kamis pada Minggu keempat.
“Kalau Bapak Gubernur mirsani (melihat) upacara hari ini di Blora bangga dengan Sedulur-Sedulur Sikep Kab. Blora, karena hari ini Sedulur-Sedulur Sikep Kab. Blora melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Jadi Jawa Tengah dengan baik sekali,” ucap Bupati Blora Djoko Nugroho saat menjadi Inspektur Upacara.
Busana Samin merupakan pakaian keseharian Sedulur-Sedulur Sikep (sebutan pengikut ajaran Samin Surosentiko). Filosofi pakaian Samin mencerminkan kesederhanaan dan kejujuran.
Sementara itu dalam sambutan tertulisnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa ini salah satu ciri bahwa kita kompak dan sebagai bentuk kontribusi ASN untuk manghayu bagio Hari Ulang Tahun Jateng dari sisi nguri-nguri Budaya Jawa utamanya melestarikan baju adat Jawa Tengah.
Selaku Gubernur Jawa Tengah ini sebagai bentuk kebersamaan dan satunya derap langkah untuk bekerja dan berkarya nyata utamanya melayani rakyat dengan pelayanan yang semakin baik.
“Saya wanti-wanti betul untuk terus menambah 4 (empat) pokok spirit pelayanan yang cepat, mudah, murah serta harus ramah itulah Jawa Tengah,” tandasnya.
Bupati yang akrab disapa Kokok ini juga menyerahkan 1 (satu) unit kendaraan operasional pemadam kebakaran (Damkar) yang diterima langsung Kepala Pelaksanana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Blora, Sri Rahayu. (Endah/KOM)

Baca Model tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru