Kepekaan Sosial Seorang Polisi



Kepekaan Sosial Seorang Polisi diharap Ada
INFOKU, REMBANG– Anggota polisi di Mapolres Rembang diminta untuk memiliki kepekaan sosial terhadap kondisi lingkungan. Hal itu menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan anggota polisi dalam menjalankan tugas.
Kapolres Rembang, AKBP Sugiarto mengungkapkan, kepekaan tinggi terhadap kondisi dan situasi di lingkungan sosial akan mempermudah tugas Polri dalam menjalankan fungsinya. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara Polri dan sipil.
“Kami minta kepada semua anggota untuk berlomba-lomba memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. Itu juga merupakan salah satu bagian dari tugas Polri untuk memberikan kenyamanan masyarakat,” jelas Sugiarto.

 Anggota Satsabhara Polres Rembang memberikan bantuan kepada wisatawan di Pantai Karangjahe yang mobilnya mengalami pecah ban.
Menurut Sugiarto, semua anggota harus bisa merubah pandangan ‘seram’ masyarakat tentang polisi. Sehingga, kedekatan antara Polri dan sipil ini akan menjadi salah satu jembatan untuk mengurangi pelanggaran hukum di lingkungan masyarakat.
“Kami sudah berulang-kali menyampaikan kepada anggota, jika sedang patroli ada orang butuh tumpangan, ya antarkan. Barangkali anggota yang sedang pengamanan di tempat umum, ada orang butuh bantuan ya dibantu. Jangan segan memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkan, itu prinsipnya,” kata dia.
Penanaman sikap yang ditekankan oleh Sugiarto itu selama ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan di masing-masing kesatuan. Seperti yang terjadi di pantai Karangjahe Selasa (27/12).
Tiga anggota dari Satsabhara Polres Rembang yang sedang melakukan pengamanan obyek wisata tak segan memberikan bantuan kepada wisatawan yang mengalami pecah ban.
“Dari kesatuan memang sudah diarahkan untuk memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkan. Kebetulan tadi ada wisatawan yang bannya kempes, maka kami yang membantu untuk menggantinya,” kata seorang anggota Satsabhara, Aiptu Suranto. (Imam/SM)