Patung Gagak Rimang akan Dibongkar



Arjuna Wiwaha Akan Gantikan Patung Gagak Rimang
INFOKU, CEPU, BLORA – Tidak hanya infrastruktur jalan, trotoar dan drainase serta pasar, penataan Kota Cepu juga akan menyasar ruang fasilitas publik dan taman.
Pemkab Blora melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) telah mengalokasikan anggaran tidak kurang dari Rp 2,8 miliar untuk mempercantik kota yang berada di pintu gerbang masuk Provinsi Jateng ini.
Anggaran tersebut antara lain untuk merenovasi Taman Tuk Buntung Rp 1,5 miliar serta membuat taman dengan ornamen patung Arjuna Wiwaha menggantikan patung Kuda Gagak Rimang dengan pagu anggaran Rp 1,3 miliar.
”Untuk renovasi Taman Tuk Buntung direncanakan akan dimulai akhir April,’’ ujar Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora Samsul Arief.

Patung Gagak Rimang yang telah menjadi IKON CEPU selama 10 tahun yang akan dibongkar
Samsul didampingi Kepala Bidang Kelistrikan dan Pertamanan Langgeng Warsito serta Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Suharyono mengemukakan, Taman Tuk Buntung akan tetap dipertahankan sebagai ruang terbuka hijau.
Hanya saja, taman yang menjadi salah satu ikon Cepu tersebut akan dipermak menjadi lebih indah dan nyaman. ‘’Panggung terbuka akan ditata lebih bagus. Lokasinya tetap seperti semula, namun nantinya akan ada sentuhan lebih artistik,’’ tandas Langgeng Warsito.
Selain renovasi Taman Tuk Buntung, juga akan dilakukan penggantian patung kuda Gagak Rimang. Patung yang membelah jalur satu arah di jalan RSU Cepu tersebut akan dipindah ke kawasan Kampus II STTR Cepu di jalan By Pass.
Patung Gagak Rimang akan diganti patung Arjuna Wiwaha menaiki kereta kuda. Langgeng Warsito menjelaskan, sebagai pintu gerbang masuk ke wilayah Jateng, Kota Cepu sudah selayaknya ditata lebih bagus. Menurutnya, view selepas perempatan Kantor Pos Cepu menuju kawasan Taman Seribu Lampu tergolong indah.
Jika di tempat itu ditata lebih bagus, niscaya view itu pun akan menarik minat siapapun untuk mendatangi tempat tersebut. ‘’Patung Arjuna Wiwaha menaiki kereta kuda berada di tempat itu untuk menambah keindahan,’’ tandasnya sembari menunjuk gambar patung yang akan dibangun tersebut.
Samsul Arief maupun Langgeng Warsito mengharapkan dukungan penuh masyarakat Cepu agar rencana mempercantik Cepu dengan memperbaiki infrastruktur dan fasilitas publik bisa berjalan dengan lancar.(Vina/AM)