Aksi Solideritas Blora



Aksi Solideritas Blora Tolak Pabrik Semen
INFOKU, BLORA - Perjuangan masyarakat yang menolak pendirian pabrik semen terus dilakukan. Kali ini, Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) Blora menggelar aksi mengecor kaki di kawasan Alun-alun Kota Blora.
Aksi ini dilakukan lima laki-laki di mana dengan badan setengah telanjang dan memakai caping, kaki mereka dicor ke dalam kotak berisi semen. Meski cuaca terik, aktivis JM-PPK Blora terus melakukan aksinya sambil melakukan orasi dan membagikan selebaran kepada masyarakat.
Aksi diawali dengan jalan kaki dari sekretariat JM-PPK di Jl Sumodarsono menuju Alun-alun, yang sudah disiapkan lima kotak untuk kaki yang akan dicor. Pegiat JM-PPK Blora Eko Arifianto mengatakan kalau aksi yang dilakukan adalah untuk menolak pendirian pabrik semen.

 Sejumlah aktivis dari Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng Blora melakukan aksi cor kaki di kawasan Alun-alun Blora
Selain itu, mereka meminta agar Gubernur Ganjar Pranowo tidak menerbitkan ijin, serta tidak menentang keputusan Mahkamah Agung (MA) karena ijin Pabrik Semen di Rembang telah dicabut. “Tuntutan kami hanya satu, penolakan atas pendirian pabrik semen dan gubernur harus bersikap arif,” kata Eko Arifianto yang juga ikut saat aksi di Jakarta.
 Menurutnya aksi terus dilakukan sampai tuntutan masyarakat dikabulkan. Selama belum dikabulkan, aksi melakukan pengecoran kaki akan terus dilakukan, khususnya di Blora. Pasalnya pegunungan Kendeng Utara yang menjadi lokasi pabrik semen, merupakan sumber penghidupan masyarakat.
“Putusan MA harus ditaati, Gubernur harus memperhatikan hal itu,” tandasnya.(Endah/SGK)