Target 15 Ribu Anggota Perpustakaan Blora



Target 15 Ribu Anggota Perpustakaan Blora
INFOKU, BLORA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora pada tahun 2017 menargetkan 15.000 warga masyarakat dari berbagai elemen untuk menjadi anggota.
Demikian hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora R. Gundala Wejasena.
“Tahun ini kami targetkan 15.000 anggota perpustakaan. Sampai bulan Maret 2017 sudah mencapai 11.000 anggota perpustakaan dari berbagai elemen,” kata drh. Gundala Wejasena didampingi Kepala Seksi Layanan Pustaka dan Informasi Priyadi, Rabu lalu.
Ia menjelaskan, untuk mengejar target tersebut pihaknya gencar melakukan sosialisasi dan layanan baik di instansi pemerintah maupun swasta serta sekolahan hingga pelosok desa.
“Termasuk di desa, semua desa harus memiliki perpustakaan umum. Bukan perpustakaan perangkat desa. Sehingga warga masyarakat bisa memperoleh bacaan yang diperlukan. Dengan adanya perpustakaan berarti ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Gundala.
Masih menurut Kepala Perpustakaan dan Kearsipan, budaya baca di Indonesia masih kurang, sehingga mengakibatkan ketertinggalan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan negara lain.
“Termasuk di Blora, budaya baca masih kurang, sehingga kami bertekad untuk mendorong, memfasilitasi dan menjadikan suasana perpustakaan lebih nyaman dengan aneka nuansa. Seperti permainan anak, wifi dan kuliner,” jelasnya.
Kepala Seksi Layanan Pustaka dan Informasi Priyadi menyampaikan layanan kelililing dengan menggunakan mobil masih menjadi prioritas untuk menumbuhkan budaya baca dan meningkatkan pelayanan.
“Layanan keliling terus kami optimalkan. Di setiap ada momentum kegiatan, kami berusaha hadir. Termasuk di sekolah TK. Kami ajak anak-anak bermain, membaca, dan hiburan,” ujar Priyadi saat membuka layanan bagi siswa TK Pembina di halaman Kantor Bappeda Blora.
Foto Gundala

Baca Model Cetak tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru