Barongan Blora Warisan Budaya



Barongan Blora Resmi Diakui Sebagai Warisan Budaya

INFOKU, BLORA. Setelah melalui tahapan seleksi dan pengajuan yang panjang, akhirnya seni pertunjukan rakyat Barongan Blora mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbad) Republik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya tak benda.
Pengakuan secara resmi itu ditandai dengan terbitnya sertifikat dari Kemendikbud RI yang diberikan kepada Pemkab Blora di malam acara Festival Barong Nusantara IV Tahun 2017, Selasa malam (5/12/2017) di Alun-alun Blora.
Sertifikat itu diterimakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Mulyono kepada Bupati Blora yang diwakili oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman, didampingi Sekda Bondan Sukarno dan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora, Kunto Aji.
 “Alhamdulillah kita menerima penghargaan dari Pak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan terbitnya sertifikat pengakuan bahwa Barongan Blora merupakan warisan budaya tak benda. Setelah melewati seleksi berjenjang akhirnya Barongan Blora mendapatkan pengakuan dari Kemendikbud. Kami ucapkan terimakasih, dan semoga ini bisa semakin memotivasi dalam hal pengembangan kesenian barongan di Kabupaten Blora,” ucapnya.

Menurutnya, hingga saat ini jumlah grup atau paguyuban seni barongan di Kabupaten Blora jumlahnya ada ratusan. Hampir setiap desa se Kabupaten Blora memiliki grup seni barongan.
“Kedepannya pembinaan seni barongan akan terus kita tingkatkan kualitasnya,” sambungnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Mulyon menjelaskan pentingnya penetapan dan penerbitan sertifikat pengakuan Barongan Blora sebagai warisan budaya tak benda.
Dengan ciri khas inilah, Mulyono yakin Barongan Blora bisa menjadi ikon budaya tak benda yang bisa membuat Kabupaten Blora semakin dikenal luas. Ia juga mendukung agar pelestarian kesenian rakyat ini bisa dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga generasi muda akan mengenali budaya sendiri. (Gunawan/IB)
Caption : Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Mulyono (kiri) menyerahkan sertifikat pengakuan dari Kemendikbud RI yang ditandatangani mendikbud Muhajir Effendi bahwa Barongan Blora merupakan warisan budaya tak benda kepada Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si (kanan)

Baca Model Cetak tabloid ....?
Gambar  Klik KANAN pilih Open New Tab atau Buka Tautan Baru